RSS

Wawancara Bebas Stres

12 Apr

Hilang sudah keringat dinginnya!

 

Begitu mendapat telepon perusahaan incaran untuk wawancara, kita langsung bersorak. Sedikit lagi posisi impian dalam genggaman, nih. Tapi begitu menjelang hari-H, keceriaan kita berubah jadi kecemasan. Maklum, kepikiran terus! Tidur pun jadi nggak nyenyak.

Di hari-H, sejak pagi keringat kita mengucur deras. Satu jam menjelang wawancara, tangan dan kaki kita mendadak dingin. Namanya juga tegang, he he. Padahal, suasana hati yang nggak karuan itu bisa bikin kita nggak pede selama wawancara. Buruan diatasi, deh….

Duduk

Kebiasaan, deh, saking tegangnya kita memilih berjalan mondar-mandir di sekitar ruangan. Padahal, mondar-mandir nggak lantas menghilangkan rasa gugup kita, malah makin parah! Mendingan, cari posisi duduk paling nyaman, lalu duduk menyandar yang memudahkan kita bernapas teratur.

Baca,yuk!

Sebelum interview, kita pasti sudah membekali diri dengan informasi tentang perusahaan itu. Kalau sudah hafal luar-dalam, nggak usah dibaca ulang hingga berkali-kali—ngaku, bosan juga, kan. Daripada bolak-balik membaca sejarah perusahaan (yang belum tentu bikin antusias) lebih baik membaca majalah atau koran. Nggak hanya bisa menghibur, tapi mungkin aja nantinya pewawancara menanyakan pendapat kita tentang berita yang sedang heboh.

Semprot sini-situ

Ini pentingnya menyimpan body spray dan tisu basah dalam tas, tubuh kita segar seketika! Biarpun saat menuju lokasi wawancara kita sudah naik taksi atau bus AC, tetap saja keringatnya banjir—kan, suasana hati sedang tegang-tegangnya, he he he. Langsung keringkan keringat di sekitar wajah kita dengan tisu lalu semprotkan body spray di leher. Praktis!

Permen pedas

Cara paling pas mencairkan ketegangan—sekaligus menghilangkan bau mulut biar pede saat menjawab pertanyaan, hi hi hi—adalah makan permen pedas. Yap, ketegangan kita sedikit teralihkan berkat pedasnya rasa permen. Sst, mengobrol dengan peserta lain juga pas untuk mengalihkan gugup, tuh.

 
Leave a comment

Posted by on April 12, 2011 in Tips

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: