RSS

Janin Bisa Merasakan Cinta

14 Apr

Carista Luminare-Rosen, PhD, mengungkapkan sebuah penelitian yang membuktikan bayi dalam kandungan sudah punya kemampuan emosional dan intuisi untuk merasakan cinta kedua orang tuanya. “Janin sudah bisa melihat, mendengar, merasa, mengingat dan berpikir sebelum dia lahir,” tulisnya dalam buku “Parenting Begins Before Conception: A Guide to Preparing Body, Mind, and Spirit for You and Your Future Child”.

Bagaimana janin bisa merasakan emosi ibu? Apakah emosi itu menembus ke dalam plasenta? Cinta dirasakan janin lewat hormon-hormon yang dikeluarkan oleh tubuh Anda. Ibu yang stres akan membentuk banyak hormon stres yang disebut catecholamines yang turut dirasakan janin. Maka penting bagi calon ibu untuk berhenti mencemaskan berbagai hal: khawatir kondisi janin, persiapan melahirkan atau memikirkan cara mendidik anak. Nikmati saja kehamilan Anda saat ini sehingga Anda bisa membentuk ikatan dengan sang janin. Berusaha  santai dan rasional agar bayi merasa diinginkan dan dicintai. Bukankah ia buah cinta Anda dengan pasangan? Lakukan aktivitas yang bisa mengirimkan pesan cinta ibu dengan:

  • Ngobrol. Sejak usia 16 minggu janin mulai mendengar bunyi detak jantung Anda hingga suara perut Anda yang keroncongan. Di usia 25 minggu janin mulai mendengar suara dari luar kandungan. Ia bisa membedakan suara ayahnya dari suara pria lain saat sang ayah gobrol dengan beberapa orang. Ini saat tepat bagi Anda untuk sering-sering bicara pada janin. Katakan bahwa Anda mencintainya, terutama di kala berduaan dengan janin, misalnya saat mandi, santai sendirian di kamar atau sebelum tidur. Jadikan acara mengobrol ini sebagai bagian dari rutinitas Anda. Para calon ayah pun tak perlu merasa aneh berbicara di depan perut buncit istrinya.
  • Menyentuh. Meski bayi diselubungi air ketuban, bukan berarti Anda tak bisa menyentuhnya. Coba  tekan perut Anda dengan lembut, ia akan balik menekan perut Anda! Sama seperti suara, janin bisa membedakan sentuhan orang tuanya dengan sentuhan orang lain. Elus-elus perut Anda di bagian yang menonjol, buah hati Anda akan merasakannya. Bermain sentuhan bisa semakin menyenangkan dengan menggunakan minyak pijat aroma lavender atau mawar yang aman untuk membuat lingkaran memijat. Lanjutkan dengan menekan perut menarik garis lurus dari atas ke bawah sambil bicara dengan janin tentang  apa yang sedang Anda lakukan.
  • Menyanyi. Musik sebagai bahasa pralingustik, merupakan dasar kemampuan berbahasa bayi. Janin menyukai irama yang kuat dan teratur, maka senandungkan lagu-lagu ungkapan cinta untuknya. Jangan pernah risau atas kualitas suara Anda yang jauh dari merdu. Jika perlu, setel musik dan ikut bersenandung. Pilih lagu atau musik berirama seperti detak jantung. Hindari musik yang terlalu keras atau menghentak-hentak karena air ketuban memperkeras volume suara yang didengar janin. Mau tahu reaksi janin? Rasakan  gerakannya! Ketika dia lahir, lagu yang dulu sering Anda putar atau nyanyikan dan dia sukai, bisa membantu menenangkan anak.
 
Leave a comment

Posted by on April 14, 2011 in Mom & Kid

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: